Book's Detail
Memprediksi kesehatan perusahaan berdasarkan model Altman (Z-Score) dihubungkan dengan opini auditor : studi kasus pada perusahaan Textile Mill Products dan Apparel and Other Textile Products di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015

Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kesehatan (going concern) pada perusahaan Textile Mill Products dan Apparel and Other Textile Products yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan metode perhitungan rasio berdasarkan Model Altman (Z-Score) untuk melihat kesesuaian opini yang diberikan akuntan publik dengan tingkat kesehatan (going concern) yang telah dihitung. Rasio yang digunakan dalam perhitungan ini terdiri dari lima rasio, yaitu likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, operating margin, dan net profit margin. Penelitian ini meneliti seluruh perusahaan Textile Mill Products dan Apparel and Other Textile Products yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu sebanyak 16 perusahaan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan berupa laporan keuangan yang telah diaudit masing-masing perusahaan untuk tahun 2014 dan 2015. Data yang diperoleh, diolah secara kuantitatif untuk menghitung rasio dan nilai Model Altman (Z-Score) dan kualitatif untuk menganalisis dan menginterpretasikan seluruh data yang diperoleh dari hasil perhitungan.

Berdasarkan hasil penelitian, muncul ketidaksesuaian antara kondisi perusahaan menurut perhitungan Model Altman (Z-Score) dengan opini yang diberikan oleh auditor perusahaan, khususnya untuk unqualified opinion yang seharusnya menunjukkan kondisi perusahaan yang sehat, perhitungan Model Altman (Z-Score) berada di dalam kondisi tidak sehat. Pengguna laporan keuangan harus lebih lanjut mempertimbangkan kondisi kesehatan perusahaan dengan melakukan perhitungan untuk mempertimbangkan going concern perusahaan. Dari penelitian juga diperoleh informasi bahwa perhitungan rasio secara parsial tidak cukup untuk memprediksikan kepailitan perusahaan, dan perlu ditunjang dengan perhitungan yang secara khusus ditunjukkan untuk menentukan kondisi perusahaan, seperti Model Altman (Z-Score).

Kata kunci: opini audit, going concern, likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, operating margin, net profit margin, Model Altman (Z-Score)

Pernyataan Tanggungjawab Teddy Jonathan
Pengarang Jonathan, Teddy - Pengarang Utama
Manurung, Elizabeth Tiur - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN JON m/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xv, 109 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 22974 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian