Book's Detail
Perancangan sistem informasi akuntansi berbasis database untuk menunjang efektivitas kualitas informasi di Rumah Jahit Bhajoo

Dalam skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada perusahaan yang bergerak pada bidang usaha butik satuan dan konveksi semi butik yakni Rumah Jahit Bhajoo. Topik dari penelitian ini adalah perancangan sistem informasi akuntansi berbasis database untuk menunjang efektivitas kualitas informasi di Rumah Jahit Bhajoo. Saat ini, Rumah Jahit Bhajoo masih menggunakan sistem informasi akuntansi manual. Data terkait penjualan dan produksi dicatat dan disimpan di berbagai tempat. Hal tersebut dapat memengaruhi kinerja Rumah Jahit Bhajoo karena informasi yang dihasilkan oleh proses bisnis kurang efektif dalam memenuhi kriteria kualitas informasi. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan sistem informasi akuntansi berbasis database agar informasi yang dihasilkan dalam proses bisnis Rumah Jahit Bhajoo dapat memenuhi kriteria kualitas informasi secara efektif.
Aktivitas pada siklus pendapatan meliputi penyediaan barang dan jasa untuk pelanggan dan menerima uang kas sebagai pembayaran dari penjualan yang telah dilakukan. Aktivitas pada siklus produksi meliputi pembuatan produk pesanan pelanggan. Database adalah serangkaian file data yang saling berhubungan dan terkoordinasi, sehingga data yang disimpan terhindar dari inkonsistensi dan pengulangan data. Perancangan sistem didefinisikan sebagai tugas yang berfokus pada spesifikasi solusi berbasis komputer yang terperinci. Agar informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi memiliki arti dan manfaat, maka informasi tersebut harus memenuhi beberapa karakteristik yakni relevant, reliable, complete, timely, understandable, verifiable, dan accessible.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Penelitian deskriptif yang dilakukan bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara, dan tinjauan kepustakaan terkait teori yang berhubungan dengan topik penelitian. Penelitian dimulai dari menentukan topik penelitian hingga menarik kesimpulan dan memberikan saran.
Penulis menyimpulkan bahwa prosedur penerimaan pesanan dan prosedur proses produksi Rumah Jahit Bhajoo masih memiliki kekurangan, sehingga butuh perbaikan. Pencatatan kegiatan penjualan dan produksi masih dilakukan secara manual. Dokumen yang dihasilkan oleh siklus pendapatan dan produksi tidak lengkap. Selain itu, deskripsi pekerjaan yang dimiliki oleh Rumah Jahit Bhajoo kurang sesuai dengan aturan pemisahan tugas. Penulis memberikan beberapa saran yakni Rumah Jahit Bhajoo dapat mengimplementasikan sistem informasi akuntansi berbasis database pada siklus pendapatan dan siklus produksi agar kualitas informasi yan dihasilkan oleh setiap siklus dapat lebih efektif. Penulis telah memodifikasi dan merancang dokumen baru untuk setiap siklus guna menunjang aktivitas dasar masing-masing siklus. Perusahaan perlu merekrut karyawan untuk mengisi bagian pembelian dan bagian akuntansi. Penulis juga merekomendasikan pemilik untuk mengangkat karyawan bagian finishing kepercayaan pemilik untuk menjadi kepala produksi. Perusahaan juga memerlukan struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan yang baru sehubungan dengan perekrutan karyawan yang dilakukan.

Pernyataan Tanggungjawab Astari Utami Larasati
Pengarang Larasati, Astari Utami - Pengarang Utama
Kosasih, Elsje - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN LAR p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xix, 152 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 22986 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian