Book's Detail
Pemeriksaan operasional pada faktor - faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan : studi kasus pada Restoran Angke Kelapa Gading

Seiring dengan perkembangan zaman dan ekonomi, berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung kepada bisnis kuliner. Perkembangan bisnis kuliner yang sangat cepat meningkatkan persaingan antar bisnis tersebut. Persaingan ini membuat perusahaan harus memiliki keunggulan dari perusahaan lainnya agar kepuasan pelanggan tetap terjaga. Kepuasan pelanggan membuat pelanggan ingin kembali lagi ke restoran tersebut sehingga restoran itu dapat bersaing dengan pesaingnya. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Restoran Angke merupakan restoran yang telah berdiri dari tahun 1957 dan menyediakan makanan Chinese. Restoran ini merupakan restoran yang sudah lama berdiri dan tetap eksis di bisnis kuliner.
Pemeriksaan operasional yang dilakukan pada faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan bertujuan untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengetahui manfaat pemeriksaan operasional pada faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di Restoran Angke bagi manajemen perusahaan.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Melalui metode ini dapat dikumpulkan data yang terkait dengan kepuasan pelanggan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara studi lapangan dan studi literatur. Studi lapangan yaitu dengan wawancara kepada manajer dan karyawan perusahaan mengenai kepuasan pelanggan dan melakukan observasi. Sedangkan studi literatur dilakukan dengan mencari refrensi dari buku atau jurnal.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu kualitas rasa makanan (produk yang dijual), kualitas pelayanan, dan fasilitas yang disediakan. Kualitas produk merupakan kunci utama dari suatu penjualan dimana pelanggan dapat memutuskan untuk membeli atau tidak. Melalui kualitas pelayanan yang baik, maka pelanggan akan merasa senang dan kepuasan pelanggan tersebut akan terpenuhi. Fasilitas yang disediakan dapat berupa penggunaan air conditioner, lift, tempat parkir yang nyaman, dan lainnya. Kepuasan pelanggan pada Restoran Angke sudah cukup baik, namun masih dapat beberapa kelemahan terkait kepuasan pelanggan yang harus diperhatikan. Oleh karena itu peneliti menyarankan untuk membuat SOP agar karyawan memiliki pedoman yang jelas terkait dengan kualitas rasa makanan, kualitas pelayanan dan standar fasilitas yang disediakan, dilakukan maintenance secara berkala, menambah tenaga kerja saat restoran ramai, memberikan training karyawan agar dapat bekerja dengan sopan, cepat dan tanggap.

Pernyataan Tanggungjawab Marcelli
Pengarang Marcelli - Pengarang Utama
Djajadikerta, Hamfri - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN MAR p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xi, 97 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 22995 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian