Book's Detail
Pemeriksaan operasional untuk menilai efektivitas strategi bauran pemasaran Laboratorium Klinik Sumber Medika dalam memenuhi kepuasan pasien

Pada era sekarang ini, kegiatan ekonomi dan dunia bisnis dalam berbagai bidang industri di Indonesia semakin berkembang. Tidak hanya perusahaan dalam bidang manufaktur, perkembangan ini juga dialami oleh perusahaan dalam bidang jasa. Salah satu kelompok bidang jasa yang berkembang yaitu jasa pelayanan kesehatan. Namun dibalik perkembangan tersebut, sekarang ini masyarakat juga semakin selektif untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya. Hal ini berdampak pada tingkat persaingan industri jasa pelayanan kesehatan yang menjadi ketat.
Dalam mempertahankan eksistensinya dan tetap menjadi perusahaan yang unggul dalam persaingan, perusahaan harus dapat memberikan kepuasan bagi konsumennya. Terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti jasa pelayanan kesehatan, kepuasan pasiennya merupakan hal yang wajib diperhatikan. Kepuasan pasien tersebut dapat tercipta melalui salah satu strategi pemasaran yang ada yaitu strategi bauran pemasaran yang di dalamnya memuat tujuh atribut yang akan dikombinasikan dan berhubungan satu sama lain. Jika ketujuh faktor tersebut dikombinasikan dengan tepat maka fungsi pemasaran dapat mendorong kenaikan pada penjualan yang berdampak pada peningkatan laba perusahaan. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah pemeriksaan operasional terkait strategi bauran pemasaran perusahaan untuk dapat membantu mengevaluasi efektivitasnya dalam memenuhi kepuasan pasien.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitis, dimana akan digambarkan keadaan perusahaan yang diteliti (Laboratorium Klinik Sumber Medika) saat ini kemudian ditarik kesimpulannya berdasarkan fakta. Fakta-fakta tersebut diperoleh dengan cara melakukan wawancara pada pimpinan operasional perusahaan, observasi, dan penyebaran kuesioner pada pasien mengenai pelaksanaan strategi bauran pemasaran perusahaan. Data-data yang ada kemudian diolah dan dianalisis hingga menghasilkan kesimpulan yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pemberian rekomendasi bagi pihak manajemen Laboratorium Klinik Sumber Medika.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi bauran pemasaran Laboratorium Klinik Sumber Medika belum sepenuhnya efektif dengan tingkat kesesuaian < 100% dan tingkat kesenjangan yang negatif. Dari pelaksanaan setiap atribut bauran pemasaran yang telah diteliti, dapat disimpulkan juga bahwa Laboratorium Klinik Sumber Medika memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan strategi bauran pemasaran Laboratorium Klinik Sumber Medika banyak terdapat pada atribut produk, harga, dan tempat. Sedangkan untuk atribut promosi, orang, proses, dan bukti fisik masih diperlukan adanya beberapa perbaikan. Rekomendasi yang diberikan bagi perusahaan adalah perusahaan dapat mempermudah proses penyampaian status hasil pemeriksaan pada pasien, menata ulang layout penyimpanan dan penyusunan alat pemeriksaan, melakukan pengaturan pada kenyamanan suhu ruangan pemeriksaan, melakukan pengendalian terhadap pemakaian seragam dan jas laboratorium karyawan, dan Laboratorium Klinik Sumber Medika juga direkomendasikan untuk menambah sumber daya manusia di bagian pemasaran dan pengembangan. Pemeriksaan operasional yang telah dilakukan ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen untuk dapat meningkatkan efektivitas pelaksanaan strategi bauran pemasaran dalam memenuhi kepuasan pasiennya.

Pernyataan Tanggungjawab Karina Indraswari Susanti
Pengarang Susanti, Karina Indraswari - Pengarang Utama
Djajadikerta, Hamfri - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN SUS p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xiv, 84 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 22998 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian