Book's Detail
Pemeriksaan operasional untuk meningkatkan pengelolaan persediaan pada Berkat Sukses Gemilang

Dewasa ini, persaingan bisnis meningkat sangat pesat. Untuk itu, para pelaku bisnis harus berjuang menghasilkan produk yang berkualitas agar dapat bersaing di pasar bisnis. Salah satu caranya adalah dengan kegiatan operasi perusahaan yang efektif dan efisien. Persediaan sangat berhubungan dengan kegiatan operasi perusahaan dan juga sering memiliki nominal yang besar pada neraca. Oleh karena itu, pengelolaan persediaan harus menjadi perhatian agar kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan efektif dan efisien.
Pengelolaan persedian pada Berkat Sukses Gemilang masih sangat minim dilakukan. Selain itu, perusahaan juga belum pernah melakukan pemeriksaan operasional. Dalam melakukan pemeriksaan operasional dirumuskan masalah mengenai prosedur, kelemahan, dan dampak dari pengelolaan persediaan, serta manfaat pemeriksaan operasional. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan oleh peneliti. Data tersebut diolah peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah prosedur pengelolan persediaan yang dilakukan Berkat Sukses Gemilang belum efektif dan efisien. Tiga kelemahan utama yang ditemukan yaitu tidak adanya pemisahan pekerjaan, pengelolaan persediaan masih sangat minim dan belum memadai, serta tidak adanya dokumen dan catatan yang jelas. Dari kelemahan tersebut menimbulkan dampak pada perusahaan yaitu kesulitan dalam mengendalikan aktivitas yang dilakukan oleh karyawan, memungkinkan karyawan untuk memalsukan jumlah persediaan yang ada, kemungkinan terjadi kehilangan persediaan, dan ketidakakuratan informasi yang akan membuat adanya kesalahan pengambilan keputusan. Manfaat dari pemeriksaan operasional terhadap pengelolaan persediaan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terjadi agar dapat diberikan rekomendasi untuk perbaikan perusahaan. Melalui rekomendasi yang diberikan, diharapkan perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
Berdasarkan hasil pemeriksaan operasional dapat diketahui saran yang dapat digunakan perusahaan dalam upaya mengatasi masalah pada pengelolaan persediaan. Untuk menciptakan pemisahan fungsi pekerjaan yang lebih tepat dan sesuai, perusahaan dapat melakukan pembuatan struktur organisasi dan perbaikan job description. Dalam meningkatkan pengelolaan persediaan yang efektif, perusahaan harus melakukan perhitungan setiap bulannya pada jumlah persediaan yang ada. Perusahaan juga harus melakukan pencatatan persediaan yang cocok dengan kondisi perusahaan dan terintegrasi. Perusahaan mencatat persediaan pada dokumen-dokumen material requisition, kartu stok persediaan, move ticket, bukti pengiriman barang, dan bukti pengeluaran barang.

Pernyataan Tanggungjawab Silvia Widjaja
Pengarang Widjaja, Silvia - Pengarang Utama
Djajadikerta, Hamfri - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN WID p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xii, 59 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23001 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian