Book's Detail
Peranan Application Control dalam meningkatkan kualitas informasi : studi kasus pada Honda Gelora

Honda Gelora merupakan aplikasi dealer dan bengkel motor yang dibuat oleh PT. Fajar Gelora Perkasa. Dalam aplikasi Honda Gelora terdapat beberapa macam fitur yang ditawarkan seperti Produk Katalog, Pemesanan Honda Genuine Part, Booking Service, dan Hubungi Kami. Informasi yang telah dimasukan, nantinya akan menghasilkan output bagi pengguna maupun bagi perusahaan. Pihak penyedia aplikasi tidak dapat mengendalikan informasi yang dimasukkan. Informasi yang dimasukkan oleh pengguna harus sesuai dengan yang diminta oleh aplikasi, apabila pengguna memasukkan informasi yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan maka akan terjadi error dalam proses. Untuk mencegah terjadi kesalahan dan error tersebut, maka aplikasi harus menerapkan application control yang sesuai dengan kebutuhannya.

Informasi memiliki tujuh karakter untuk dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna yaitu relevan, reliable, complete, timely, understandable, verifiable, dan accesible. Application control merupakan pengendalian yang berkaitan dengan pengolahan tugas akuntansi yang spesifik atau transaksi dan dapat dikatakan sebagai pengendalian transaksi. Studi deskriptif digunakan sebagai metode untuk penelitian ini. Objek penelitian yang digunakan adalah Honda Gelora. Pada penelitian ini dilakukan pembatasan ruang lingkup penelitian berupa data-data yang diambil hanya berasal dari sistem aplikasi yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa observasi dan studi kepustakaan mengenai application control. Studi kepustakaan yang dilakukan melalui proses pembacaan dan pembelajaran dokumen hasil kerja yang sudah ada untuk dijadikan referensi dalam penelitian yang dilakukan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ketiga fitur memiliki penerapan application control yang serupa pada sistem aplikasi. Fitur Booking Service, menjadi fitur yang paling sedikit memiliki application control pada sistem aplikasinya. Dalam komponen input, application control yang dapat meningkatkan kualitas informasi adalah prenumbered document, sign check, field check, range check, size check, completeness check, validity check, prompting, closed-loop verification, dan financial total. Dalam komponen process, application control yang dapat meningkatkan kualitas informasi adalah data mathcing dan file labels. Dalam komponen output, application control yang dapat meningkatkan kualitas informasi adalah user review output dan external data reconciliation.

Pada komponen input, perlu ditambahkan application control berupa financial total untuk semua fitur pada Honda Gelora untuk dapat menyediakan informasi berupa biaya yang harus dibayarkan atas pemesanan yang dibutuhkan oleh pengguna agar informasi yang diterima pengguna semakin baik. Pada komponen process, penulis menyarankan untuk menerapkan recalculation of batch totals pada setiap fitur Honda Gelora untuk menampilkan perhitungan total biaya awal atas pemesanan sehingga dapat dibandingkan dengan konfirmasi dari aplikasi. Pada komponen output, pada pengendalian user review output untuk fitur Produk Katalog dan Pemesanan Honda Genuine Part perlu dilengkapi hasil informasi yang dihasilkan karena belum dapat memberikan informasi yang lengkap..

Kata kunci: application control, kualitas informasi, pengendalian.

Pernyataan Tanggungjawab Adrian Bernard Krishnawan
Pengarang Krishnawan, Adrian Bernard - Pengarang Utama
Lusanjaya, Gery Raphael - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN KRI p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xv, 101 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23012 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian