Book's Detail
Analisis dan perancangan sistem informasi pada pengelolaan persediaan : studi kasus pada Perusahaan Bavast

Dewasa ini, informasi merupakan sebuah faktor penentu dalam pengambilan keputusan. Ditambah lagi dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang membuat informasi sangat mudah untuk diakses ataupun didapatkan. Namun, permasalahan yang terjadi sekarang adalah mengenai informasi yang tersampaikan tersebut bisa diandalkan atau tidak, mengingat transparansi dan keandalan suatu informasi menjadi hal penentu dalam kesuksesan berlangsungnya suatu bisnis tersebut.
Suatu komponen penting dalam perusahaan yang harus dijadikan sebagai tolok ukur performa sebuah perusahaan adalah terkait dengan pengelolaan persediaan. Perusahaan harus bisa mengelola persediaan dari mulai pembelian, penyimpanan, sampai persediaan tersebut diolah menjadi produk perusahaan. Inilah yang dinamakan pengelolaan persediaan. Persediaan merupakan sebuah jembatan antara aktivitas penjualan dan aktivitas pembelian. Apabila persediaan tidak dikelola sedemikian rupa dikhawatirkan akan membuat celah antara dua buah aktivitas tersebut, yang berimplikasi pada tidak maksimalnya profit yang didapatkan perusahaan. Penulis memilih perusahaan Bavast sebagai objek dari penelitian mengenai perancangan sistem informasi persediaan. Bavast merupakan sebuah perusahaan yang bertindak sebagai distributor sayuran yang memiliki kapasitas produksi yang cukup besar. Sehingga, harapannnya dapat menjadi representasi industry agribisnis yang ada di Jawa Barat.
Penelitian ini digolongkan sebagai descriptive study, dimana dalam pengambilan datanya bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait karakteristik dari objek penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam menunjang penelitian ini menggunakan field study, yaitu berupa wawancara dan observasi.
Setelah dilakukan penelitian, terdapat beberapa komponen aktivitas bisnis yang cukup berbeda dibandingkan dengan perusahaan distributor sayuran lainnya. Hal ini, dikarenakan adanya keterlibatan pihak ketiga yaitu ICDF Taiwan dan Balai Besar Pengemabangan Pertanian (BBPP) yang secara tidak langsung memengaruhi kebijakan terkait aktivitas bisnis tertentu. Seperti harga kontrak yang ditetapkan kepada petani mitra yang merupakan supplier utama dalam menyokong kebutuhan persediaan perusahaan Bavast. Secara umum, Bavast sudah menerapkan beberapa dokumen yang cukup memadai untuk mengakomodir proses bisnis perusahaan sehingga sistem informasi akuntansi yang dimiliki saat ini bisa dikategorikan dalam situasi yang baik. Namun, terdapat aspek segregation of duties yang belum ditempuh oleh Bavast sehingga dapat menimbulkan risiko tertentu terkait kualitas informasi yang disusun. Penelitian ini, diharapkan mampu membenahi dan melengkapi beberapa aspek yang dianggap belum ideal menurut teori yang berlaku. Selain itu, juga memberikan sebuah kemudahan baru dalam melakukan pencatatan terhadap aktivitas bisnis yang terjadi karena seluruh komponen aktivitas persediaan telah disajikan dalam bentuk aplikasi pengelolaan persediaan.

Pernyataan Tanggungjawab Fulki Azman Feirizal
Pengarang Feirizal, Fulki Azman - Pengarang Utama
Lusanjaya, Gery Raphael - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN FEI a/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xvi, 98 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23017 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian