Book's Detail
Peranan Application Control dalam menunjang kualitas informasi yang lengkap dan dapat diandalkan : studi kasus pada McDelivery, KFC Delivery, Hokben Delivery, dan Domino's Delivery

Industri makanan dan minuman di Indonesia terus menunjukkan kinerja yang positif dan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, banyak pelaku bisnis di industri makanan dan minuman menciptakan aplikasi yang dapat diunduh menggunakan smartphone. McDonald merupakan salah satu dari sekian banyak restoran makanan siap saji di dunia yang menyediakan jasa pesan antar makanan secara cepat dengan menggunakan mobile application yang bernama McDelivery. McDelivery membutuhkan input untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Input yang diberikan oleh pengguna harus lengkap sehingga dapat diproses dan menghasilkan output dapat diandalkan. Untuk mengurangi risiko kesalahan yang dilakukan oleh pengguna dalam melakukan input data, maka dibutuhkan application control yang memadai. Selain itu, application control juga dapat menunjang kualitas informasi yang lengkap dan dapat diandalkan, baik pada saat process maupun output yang dihasilkan. Selain McDelivery, terdapat tiga kompetitor yang bergerak di bidang jasa pesan antar makanan siap saji yaitu KFC Delivery, HokBen Delivery, dan Domino’s Delivery.

Sebuah informasi memiliki tujuh karakteristik yang dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna yakni relevant, reliable, complete, timely, understandable, verifiable, dan accesible. Application control memiliki tiga komponen utama yaitu input control, process control, dan output control. Dengan menerapkan application control, maka hal tersebut dapat menunjang kualitas informasi yang lengkap dan dapat diandalkan.

Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yakni metode untuk mengumpulkan data yang mendeskripsikan karakteristik dari orang, kejadian, atau situasi yang sedang diteliti. Objek penelitian yang digunakan adalah McDelivery, KFC Delivery, HokBen Delivery, dan Domino’s Delivery. Pembatasan ruang lingkup penelitian ini berupa data-data yang diambil hanya berdasarkan sudut pandang pengguna. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa observasi dan studi kepustakaan mengenai application control.

Untuk input control saat proses pemesanan, penulis menyarankan untuk menerapkan reasonableness test dan financial total pada McDelivery, KFC Delivery, dan Domino’s Delivery. Kemudian pada proses melacak pesanan, penulis menyarankan untuk menerapkan field check dan completeness check pada aplikasi McDelivery. Lalu pada proses pembayaran, penulis menyarankan untuk menerapkan financial total dan prompting pada aplikasi McDelivery. Untuk process control saat proses pemesanan, melacak, dan pembayaran penulis menyarankan untuk menerapkan data matching dan recalculation of batch totals pada aplikasi McDelivery, KFC Delivery, HokBen Delivery, dan Domino’s Delivery. Untuk output control saat proses pemesanan, menerima tagihan pesanan, melacak pesanan, dan pembayaran, penulis menyarankan untuk menerapkan users review of output dan external data reconciliation pada aplikasi McDelivery, HokBen Delivery, dan Domino’s Delivery.

Kata kunci : Application control, Kualitas informasi yang lengkap dan dapat diandalkan

Pernyataan Tanggungjawab Ilyas Fachrurazi
Pengarang Fachrurazi, Ilyas - Pengarang Utama
Permatasari, Paulina - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN FAC p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xxv, 138 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23023 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian