Book's Detail
Penilaian acceptable audit risk, inherent risk, dan control risk untuk menentukan planned detection risk pada PT. GAF

Penilaian risiko harus dilakukan pada setiap perusahaan untuk mengetahui risiko yang mungkin muncul dan cara untuk mengatasinya. Penilaian risiko harus didasari dari pemahaman mengenai bisnis dan industri perusahaan karena risiko perusahaan berbeda-beda tergantung dari bisnis dan industri perusahaan tersebut. Auditor, selaku pihak yang menganalisis, diharuskan untuk menilai risiko audit dan melaksanakan prosedur penilaian risiko. Bisnis yang dinilai mempunyai risiko yang besar adalah bisnis yang berhubungan dengan investasi.

Perusahaan pialang berjangka merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bisnis investasi sehingga memiliki risiko yang besar. Penilaian risiko dilakukan untuk mengidentifikasi risiko yang dapat dialami perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik. Penilaian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap komponen-komponen planned detection risk yaitu, acceptable audit risk, inherent risk, dan control risk.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik variabel yang diteliti. Data yang digunakan bersumber dari data primer berupa observasi, wawancara, dan kuesioner serta data sekunder bersumber dari dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian milik perusahaan yang diteliti. Penelitian dilakukan di PT. GAF yang merupakan perusahaan pialang berjangka.

Hasil analisis terhadap komponen-komponen planned detection risk menunjukkan nilai 95% sehingga acceptable audit risk ditetapkan sebesar 5%. Nilai inherent risk ditetapkan sebesar 75% karena bisnis investasi memiliki kecenderungan risiko yang tinggi. Nilai control risk ditetapkan sebesar 90% karena perusahaan tidak memiliki bagian internal audit yang independen. Dari ketiga komponen ini maka dapat ditetapkan planned detection risk sebesar 6%. Lemahnya internal control perusahaan tercermin dari rendahnya nilai planned detection risk sehingga dibutuhkan auditor yang berpengalaman dan audit evidence yang dikumpulkan harus berjumlah lebih banyak.

Kata kunci : Risiko perusahaan, penilaian risiko, planned detection risk, acceptable audit risk, inherent risk, control risk, perusahaan perdagangan berjangka.

Pernyataan Tanggungjawab Anindia Pratiwi Putri
Pengarang Putri, Anindia Pratiwi - Pengarang Utama
Elvira M., Sylvia Fettry - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN PUT p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik ix, 77 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23047 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian