Book's Detail
Penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dan analisis kelayakan mendapatkan fasilitas kredit modal kerja dari bank : studi kasus Toko Aneka Busa Purwokerto

Di Indonesia masih terdapat banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang menggunakan pencatatan laporan keuangan secara sederhana dan tanpa menggunakan sistem akuntansi yang benar serta standar akuntansi yang berlaku, seperti Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah. Salah satunya adalah Toko Aneka Busa Purwokerto yang masih menggunakan pencatatan laporan keuangan yang sederhana. Alasan yang mendasari masih menggunakan pencatatan laporan keuangan secara sederhana adalah pemilik usaha masih beranggapan bahwa pencatatan dapat dilakukan secara sederhana saja. Pencatatan dan laporan keuangan yang sederhana rata-rata masih hanya sebatas pencatatan uang kas yang masuk dan uang kas yang keluar saja.
Salah satu cara untuk mengembangkan usaha adalah dengan adanya tambahan dana untuk menunjang kegiatan usaha perusahaan yang dapat berasal dari pinjaman kredit bank. Namun Toko Aneka Busa masih belum mempunyai pencatatan dan laporan keuangan benar, dan hanya mencatat secara sederhana hasil operasional perusahaannya. Oleh karena itu perlu adanya proses perubahan data dari catatan yang sederhana menjadi bentuk laporan keuangan yang sesuai agar bisa digunakan untuk perhitungan analisis keuangan yaitu dengan cara analisis rasio dan kebutuhan modal kerja dalam rangka penilaian profitabilitas Toko Aneka Busa dalam kelayakan menerima pinjaman kredit bank.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif. Metode deskriptif membahas suatu permasalahan atau kejadian dengan cara meneliti, mengumpulkan data, mendeskripsikan segala aspek karakteristik dari suatu variabel. Secara keseluruhan proses penelitian ini dilakukan secara deskriptif yang dilengkapi dengan pengolahan data dan analisis data secara sistematis atas hasil penelitian untuk memberikan kesimpulan berupa rekomendasi dan saran yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Toko Aneka Busa Purwokerto masih menggunakan cara pencatatan keuangan yang sederhana. Sehubungan dengan hal tersebut dilakukan pemindahan pencatatan sederhana yang ada ke dalam laporan keuangan berdasarkan Sandar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah. Hasilnya Toko Aneka Busa Purwokerto termasuk dalam usaha kategori menengah dengan profitabilitas yang cukup baik dan layak mendapatkan fasilitas pinjaman kredit dari bank. Saran yang dapat diberikan adalah agar Toko Aneka Busa menggunakan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah yang mulai berlaku pada 1 Januari 2018 sebagai dasar pembuatan laporan keuangan perusahaan
Kata Kunci : Standar Akuntansi Keuangan, Laporan Keuangan, Pinjaman Kredit

Pernyataan Tanggungjawab Felicia Safira Larasputri
Pengarang Larasputri, Felicia Safira - Pengarang Utama
Elvira M., Sylvia Fettry - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN LAR p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik ix, 74 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23050 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian