Book's Detail
Analisis pengaruh Corporate Governance Perception Index, umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan publik peserta CGPI periode 2012-2016

Nilai perusahaan merupakan aspek penting bagi banyak pihak seperti investor maupun pihak manajemen atau pengelola perusahaan itu sendiri. Pasalnya, nilai perusahaan merupakan cerminan dari kepercayaan publik atas kinerja perusahaan melihat keefektifan dan keefisiensian perusahaan terkait. Bagi investor, perusahaan dengan nilai yang baik menimbulkan ketertarikan untuk menjadi lahan berinvestasi. Sedangkan bagi manajemen, nilai perusahaan dijadikan sebagai penilaian atau feedback atas efektifitas dan efisiensi dari kegiatan operasionalnya.

Melihat tingkat kepentingan nilai perusahaan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait nilai suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Corporate Governance Perception Index (CGPI), umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas yaitu CGPI, umur perusahaan, dan profitabilitas serta satu variabel terikat yaitu nilai perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, CGPI dan umur perusahaan diteliti dengan menggunakan data yang didapatkan dari laporan keuangan serta laporan kinerja perusahaan. Sedangkan profitabilitas diteliti dengan menggunakan Return On Asset (ROA) sebagai indikatornya dan nilai perusahaan menggunakan Price to Book Value (PBV) sebagai indikatornya.

Populasi dalam penelitian adalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012-2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Dari proses pemilihan sampel, didapatkan sembilan perusahaan publik yang memenuhi kriteria menjadi sampel penelitian.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal atau hubungan sebab-akibat dengan metode analisis pengujian hipotesis. Penelitian dilakukan secara statistik menggunakan software IBM SPSS Statictics 20.0. Statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), dan analisis regresi linier berganda (uji-t, uji-F, koefeisien determinasi) merupakan analisis yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Corporate Governance Perception Index dan umur perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, Corporate Governance Perception Index, umur perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ketiga variabel bebas dalam penelitian berkontribusi sebesar 11.7% dalam menjelaskan variabel terikatnya.

Kata kunci: Corporate Governance Perception Index, CGPI, umur perusahaan, profitabilitas, nilai perusahaan.

Pernyataan Tanggungjawab Agnes Pehulisa
Pengarang Pehulisa, Agnes - Pengarang Utama
Setiawan, Amelia - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN PEH a/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik x, 114 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23117 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian