Book's Detail
Pengaruh independensi, kompetensi, dan skeptisme profesional auditor terhadap kualitas audit : studi pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung

Untuk memastikan bahwa laporan keuangan memiliki informasi yang dapat diandalkan oleh para penggunanya, maka perlu dilakukan audit oleh Kantor Akuntan Publik. Audit atas laporan keuangan harus dilakukan secara berkualitas agar dapat menghindari berbagai kasus-kasus sebelumnya yang pernah mencoreng nama baik Kantor Akuntan publik. Hal tersebut diakibatkan oleh opini auditor yang tidak mencerminkan kondisi sebenarnya mengenai informasi dalam laporan keuangan klien. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit yang dilakukan oleh auditor beberapa diantaranya adalah Independensi Auditor, Kompetensi Auditor dan Skeptisme Profesional Auditor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari masing-masing faktor terhadap kualitas audit baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Hypothetico-Deductive, untuk menguji hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti. Populasi yang pada penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 40 auditor, dengan menggunakan teknik Convenience Sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Independensi Auditor, Kompetensi Auditor, dan Skeptisme Profesional Auditor, sedangkan variabel dependennya adalah Kualitas Audit. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan alat statistik berupa Model Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 24.
Penelitian ini menggunakan Uji Parsial dan Uji Simultan untuk menguji hipotesis. Hasil dari uji parsial dan uji simultan menunjukkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa Independensi Auditor berpengaruh terhadap Kualitas Audit sebesar 39,66%. Kompetensi Auditor memiliki pengaruh sebesar 20,81% terhadap Kualitas Audit. sedangkan Skeptisme Profesional memiliki pengaruh sebesar 13,42% terhadap Kualitas Audit. Secara simultan Independensi, Kompetensi, dan Skeptisme Profesional berpengaruh terhadap Kualitas Audit sebesar 71,7%, yang berarti 28,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa Independensi, Kompetensi, dan Skeptisme Profesional Auditor baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Audit.
Kata Kunci:
Kualitas audit, Independensi, Kompetensi, Skeptisme Profesional

Pernyataan Tanggungjawab Raden Rizal Kurnia Rusdia Djajadisastra
Pengarang Djajadisastra, Raden Rizal Kurnia Rusdia - Pengarang Utama
Manurung, Elizabeth Tiur - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN DJA p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik x, 94 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23131 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian