Book's Detail
Sistem informasi sumber daya manusia di Biro Pengembangan Modal Insani Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Penulis melaksanakan praktik kerja sebagai staf bagian pengadaan pegawai di Universitas Katolik Parahyangan. Tempat kerja praktik penulis di UNPAR yaitu di Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) yang berlokasi di Gedung Rektorat Lantai 3 di Jl. Ciumbuleuit No. 94 Bandung. Penulis melaksanakan praktik kerja dimulai dari tanggal 7 Februari 2018 sampai dengan 25 April 2018. Praktik kerja dilaksanakan selama 33 hari kerja atau setara dengan 202 jam kerja. Praktik kerja dilakukan penulis setiap hari Senin, Rabu sampai dengan Jumat dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.
Pekerjaan yang diberikan perusahaan kepada penulis selama melaksanakan kegiatan praktik kerja di BPMI UNPAR di antaranya, (i) entry data diri pegawai, (ii) entry data kelebihan jam mengajar dosen-dosen UNPAR (iii) entry data SK ajar, dan (iv) penyelarasan data tunjangan BPJS dengan data keluarga pegawai UNPAR, sebagai tugas utama. Beberapa tugas tambahan lain adalah (v) menyunting POB dan IKA, serta (vi) membuat poster dan banner untuk pelatihan UELC. Semua pekerjaan yang penulis lakukan di perusahaan sudah relevan dengan teori sistem informasi manajemen dan pemahaman mengenai teori Adobe Illustrator. Masalah yang dialami penulis selama melaksanakan praktik kerja adalah (i) kesalahan entry data dalam surat permohonan atau usulan dari unit/fakultas asal, (ii) belum tersedianya komputer baru yang dapat mengakomodasi permohonan desain poster dan banner, dan (iii) ada beberapa dokumen rekruitasi yang tidak disematkan bersama dengan Curriculum Vitae (CV).
Selama penulis melakukan praktik kerja, penulis menyimpulkan, bahwa sistem informasi manajemen di BPMI sudah berjalan dengan baik sesuai dengan teori. Pengolahan data menjadi informasi SIKEP UNPAR sudah berjalan dengan baik, dan kebutuhan design grafis yang diperlukan oleh BPMI untuk pelatihan juga sudah tertangani dengan baik. Penulis menyarankan pihak BPMI untuk menginformasikan kepada setiap unit/fakultas untuk melakukan pemeriksaan surat sebelum dikirim ke BPMI, komputer lama diganti dengan komputer yang baru dikarenakan komputer lama belum up-to-date dari segi hardware sehingga tidak dapat mengikuti system requirements dari program-program yang baru, serta penulis menyarankan supaya dokumen rekruitasi berupa KTP dan NPWP selalu disematkan bersama Daftar Riwayat Hidup untuk memperlancar pembuatan SK pengangkatan.

Pernyataan Tanggungjawab Ronald Sebastian
Pengarang Sebastian, Ronald - Pengarang Utama
Manurung, Elvy Maria - Advisor
Edisi
No. Panggil D III M SEB s/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan - FE Unpar
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik viii, 49 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 659 - PDTM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian