Book's Detail
Peranan penerapan general control terhadap kelengkapan dan akurasi informasi : studi kasus pada PT. Daya Anugrah Mandiri

Teknologi sekarang ini telah berkembang begitu pesat, tidak terkecuali pada perekonomian. Hal ini menyebabkan berbagai perusahaan meningkatkan investasi pada penggunaan teknologi dalam kegiatan operasi mereka. Penggunaan teknologi ini membantu perusahaan agar bisa lebih efektif dan efisien, seperti memasukkan, mengolah, dan membuat data menjadi sebuah informasi. Namun, penggunaan teknologi memerlukan pengendalian khusus, karena teknologi tersebut menjadi salah satu sumber daya yang penting bagi perusahaan. Untuk itu, perlu melakukan pengendalian, bukan hanya pada teknologi saja, tetapi pada seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan karena sumber daya tersebut yang membuat sebuah perusahaan bisa beroperasi.
General control merupakan pengendalian atas seluruh aktivitas yang berkaitan dengan sumber daya dan sistem informasi akuntansi perusahaan, termasuk pengendalian internal yang ada dalam perusahaan. General control terbagi dalam 6 komponen besar penilaian, yaitu top management controls, systems management control, programming management controls, data and data resources management controls, security management controls, dan operations management controls. Komponen-komponen ini akan membantu dalam menghasilkan informasi dalam memenuhi tujuh kualitas informasi, yaitu relevant, reliable, complete, understanable, accessible, verifiable, dan timely.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode analisis deskriptif, yaitu metode yang disusun untuk mengumpulkan data yang mendeskripsikan karakteristik objek penelitian. Data dikumpulkan dari PT. Daya Anugrah Mandiri sebagai objek penelitian. PT. Daya Anugrah Mandiri merupakan sebuah perusahaan besar yang bergerak pada industri otomotif dan penyediaan jasa seperti, bengkel dan pengurusan surat-surat terkait kendaraan yang mempunyai puluhan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah PT. Daya Anugrah Mandiri telah menerapkan dan melakukan pengendalian terhadap sumber daya dan sistem informasi akuntansi yang dimiliki oleh perusahaan, juga telah mampu mengendalikan dan melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap sumber daya yang dimiliki sehingga informasi telah mencapai kebutuhan. Kesimpulan yang didapat adalah pengendalian telah diterapkan di perusahaan dengan membuat perencanaan, kebijakan, aturan dan alur kerja. Saran yang bisa penulis berikan adalah perusahaan perlu terus melakukan pemantauan dan pengembangan terhadap setiap sumber daya dan sistem informasi akuntansi yang diimplementasikan di perusahaan agar tidak terjadi kesalahan, kehilangan, maupun kerusakan.
Kata kunci: General Control, Kualitas Informasi, Kelengkapan Informasi, Akurasi Informasi

Pernyataan Tanggungjawab Priscilla Cynthia Maukar
Pengarang Maukar, Priscilla Cynthia - Pengarang Utama
Lusanjaya, Gery Raphael - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN MAU p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xiii, 65 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23160 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian