Book's Detail
Pemeriksaan operasional pada Jack Runner Roastery untuk menilai sistem pengendalian persediaan bahan baku

Seiring dengan laju perkembangan dunia usaha, setiap perusahaan harus dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan menunjukkan kemampuannya agar dapat bersaing dengan para pesaingnya. Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat juga mempengaruhi jenis usaha yang bergerak dalam industri coffee shop. Salah satu bentuk pengelolaan yang penting dalam industri coffee shop adalah pengelolaan persediaan bahan baku yang baik agar aktivitas produksi berjalan dengan efektif dan efisien.

Risiko-risiko akibat tidak adanya sistem pengendalian persediaan bahan baku yang baik dapat terjadi mengingat jumlah produksi perusahaan sudah cukup banyak yang dapat menimbulkan hilangnya persediaan selama proses produksi. Selain itu, perusahaan juga belum pernah dilakukan pemeriksaan operasional untuk kegiatan operasi perusahaan. Dalam melakukan pemeriksaan operasional dirumuskan masalah mengenai sistem pengendalian persediaan bahan baku, kelemahan, penyebab, sistem pengendalian persediaan bahan baku yang sebaiknya dilakukan serta dengan dilakukannya pemeriksaan atas sistem pengendalian persediaan bahan baku apakah dapat membantu perusahaan untuk mengurangi risiko atas kelemahan sistem pengendalian tersebut atau tidak. Data dikumpulkan melalui studi lapangan dan studi literatur. Data tersebut diolah peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah penilaian sistem pengendalian persediaan bahan baku pada Jack Runner Roastery belum dilakukan dengan efektif dan efisien. Tiga kelemahan utama yang ditemukan adalah pembagian tugas dan tanggungjawab tidak sesuai dengan fungsinya masing-masing, penilaian sistem pengendalian persediaan bahan baku masih sangat minim dan belum memadai dan tidak adanya dokumen dan catatan yang jelas. Dari kelemahan tersebut menimbulkan dampak pada perusahaan yaitu kesulitan dalam mengendalikan aktivitas yang dilakukan oleh karyawan seperti adanya risiko kecurangan yang sudah terjadi dan berulang, kemungkinan besar karyawan akan memalsukan jumlah persediaan bahan baku yang ada di gudang dan ketidakakuratan informasi yang akan membuat adanya kesalahan dalam pengambilan keputusan. Manfaat dari pemeriksaan operasional terhadap sistem pengendalian persediaan bahan baku untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terjadi agar dapat diberikan rekomendasi untuk perbaikan perusahaan. Melalui rekomendasi yang diberikan, perusahaan dapat terhindar dari adanya hal-hal yang membuat perusahaan mengalami kerugian secara finansial dan diharapkan perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan hasil pemeriksaan operasional diberikan saran yang dapat digunakan perusahaan dalam upaya mengatasi masalah pada sistem pengendalian persediaan bahan baku. Untuk menciptakan pemisahan fungsi pekerjaan yang lebih tepat dan sesuai, perusahaan dapat melakukan perbaikan pada job description. Dalam meningkatkan sistem pengendalian persediaan bahan baku yang efektif, perusahaan harus melakukan perhitungan setiap bulannya pada jumlah persediaan bahan baku dan persediaan produk jadi yang ada. Pencatatan persediaan perusahaan membutuhkan dokumen-dokumen yang sesuai dengan kondisi perusahaan Material Requisition, Catatan Permintaan Bahan Baku, Dokumen Pemeriksaan Bahan Baku Datang, Kartu Stok Persediaan Produk Jadi, Dokumen Pengeluaran Produk dan Dokumen Pengiriman Produk.

Kata kunci : pengendalian persediaan, pemeriksaan operasional, efektif dan efisien

Pernyataan Tanggungjawab Agnes Alzena Syafitri
Pengarang Syafitri, Agnes Alzena - Pengarang Utama
Djajadikerta, Hamfri - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN SYA p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xv, 90 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23168 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian