Book's Detail
Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan persediaan barang dagang : studi kasus pada CV. Mandiri

Perkembangan teknologi telah menyebabkan perubahan yang sangat mendasar di dalam aktivitas manusia sehari-hari, di mana manusia saat ini lebih memilih melakukan pekerjaannya dengan bantuan mesin atau alat elektronik yang serba mudah dan praktis dibandingkan melakukannya dengan tangan maupun alat-alat tradisional. Meningkatnya daya beli masyarakat akan barang-barang elektronik menyebabkan keberadaan usaha elektronik semakin berperan di mata masyarakat. Salah satunya adalah CV Mandiri yang menjual produk elektronik dari berbagai merek lokal maupun internasional. Sebagai toko elektronik, persediaan yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikatakan berjumlah banyak dan memiliki nilai yang tinggi. Hal ini tentu akan menyulitkan perusahaan dalam mengelola persediaannya. Namun dengan diterapkannya aktivitas pengendalian yang baik akan mengurangi risiko kerusakan dan kehilangan barang yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian mengenai aktivitas pengendalian sebagai salah satu komponen dari pengendalian internal yang merupakan suatu prosedur dan kebijakan dirancang untuk memberikan reasonable assurance bahwa tujuan pengendalian telah tercapai. Aktivitas pengendalian yang diterapkan meliputi segregation of duties, adequate document and records, restricted access to assets, independent accountablity checks, dan information processing controls. Penerapan aktivitas pengendalian yang memadai serta sesuai dengan kebutuhan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan operasional CV Mandiri khususnya pada sistem pengelolaan persediaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Metode ini dilakukan untuk memastikan dan menggambarkan karakteristik dari variabel kepentingan dalam suatu kejadian dan situasi tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah studi pustaka dan penelitian lapangan yang dilakukan dengan wawancara dan observasi.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan terlihat bahwa aktivitas pengendalian yang diterapkan oleh CV Mandiri kurang memadai karena masih terdapat beberapa komponen aktivitas pengendalian yang memiliki kelemahan dan belum menunjang sistem pengelolaan persediaan secara efektif dan efisien. Terlihat dari masih adanya wewenang penuh pada bagian gudang sehingga diperlukan segregation of duties dengan menggantikan bagian gudang pada proses penerimaan barang. Dokumen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan pun perlu dilakukan perbaikan agar memiliki desain yang baik sehingga terpenuhinya tujuan pengendalian adequate document and records. Kehilangan persediaan yang dialami oleh perusahaanjuga menunjukkan kelemahan pada pengendalian restricted access to assets sehingga diperlukannya pembatasan akses terhadap gudang dan penggunaan cctv. Selain itu dalam mempertahankan kualitas kinerja karyawan, diperlukan pengendalian independent accountability checks dengan melakukan penilaian kinerja karyawan secara berkala. Berkaitan dengan information processing controls, perusahaan telah memiliki pengendalian yang memadai namun seringkali tidak diterapkan secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa seluruh otorisasi dan penyetujuan telah dijalankan dalam bentuk penandatanganan dan pemberian tanda paraf pada dokumen yang bersangkutan.
Kata kunci: aktivitas pengendalian, efektivitas dan efisiensi pengelolaan persediaan

Pernyataan Tanggungjawab Ivana Mannuela
Pengarang Mannuela, Ivana - Pengarang Utama
Permatasari, Paulina - Advisor
Edisi
No. Panggil AKUN MAN p/18
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik xvi, 64 p. : il. ; 30 cm.
Info Detil Spesifik 23192 - FE
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian