Book's Detail
Peningkatan produktivitas melalui Program ILO BEDO - SCOREPLUS Batch 2 bagi usaha mikro yang tergabung dalam paguyuban pengusaha usaha kecil dan menengah (PPKM) Kabupaten Bandung-Jawa Barat

Perkembangan ekonomi di Indonesia, tidak lepas adanya peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pertumbuhan jumlah UMKM yang terus meningkat dari tahun ke tahun, mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dan Negara. Dalam
perkembangannya, pertumbuhan UMKM juga mengalami berbagai tantangan. Demikian juga UMKM Kabupaten Bandung yang sampai saat ini memiliki UMKM binaan sebanyak 1490 UMKM (sumber: koperasi.bandung.kab.go.id). Tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM mendorong pemerintah mengajak peran serta dari Perguruan Tinggi untuk terlibat mengembangkan UMKM di Indonesia, tidak terkecuali Universitas Katolik Parahyangan.
Melalui kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung beserta Paguyuban Pengusaha Kecil Menengah (PPKM) Kabupaten Bandung Sabilulungan, Program Studi Manajemen memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM Kabupaten Bandung. Studi Pendahuluan yang telah dilakukan melalui wawancara beberapa pelaku UMKM, Ketua Paguyuban PPKM Sabilulungan dan staf Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Bandung serta kunjungan tempat usaha (baseline assessment) beberapa pelaku UMKM, permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM salah satunya adalah masalah produktivitas. Mempertimbangkan permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM ini, maka Program Studi Manajemen akan menggunakan Program Sustaining Competitive and Responsible Enterprises PLUS (SCOREPLUS) yang dimiliki oleh International Labor Organization (ILO) sebagai mitra Program Kerja Manajemen dalam melakukan mengembangkan dan melaksanakan kedua program tersebut. Program SCOREPLUS adalah program ILO yang dikembangkan oleh Business and Export Development Organization (BEDO) untuk usaha mikro (usaha manufaktur yang memiliki pekerja dalam jumlah sangat kecil, bahkan mungkin tidak memiliki pekerja), dimana materi yang diberikan ditambah dengan materi pemasaran dan keuangan sederhana. Dengan kata lain, Program Studi Manajemen juga bermitra dengan Internationa Labor Organization (ILO) dan dalam pengembangan dan pelaksanaan program Sustaining Competitive and Responsible Enterprises PLUS (SCOREPLUS).
Tujuan kegiatan ini adalah membantu meningkatkan Produktivitas Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bandung, agar dapat menjalankan kegiatan usahanya secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumberdaya yang dimiliki. Solusi dan Target khusus yang ingin dicapai adalah: 1) Peningkatan produktivitas usaha Mitra selama 3-6 bulan setelah mengikuti pelatihan Program SCORE PLUS sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing Mitra; 2) Peningkatan kerjasama tim dan komitmen pekerja Mitra; 3) Pengurangan barang cacat dan penghematan pemakaian energi yang dapat berdampak pada peningkatan pendapatan ; 4) Penurunan tingkat kecelakaan di tempat kerja sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen Mitra; dan 6) Publikasi dalam jurnal dan pertemuan ilmiah baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah memberikan pelatihan/workshop, pendampingan (coaching), selama program dilaksanakan dan setelah program dilaksanakan jika masih diperlukan oleh mitra, presentasi oleh mitra atas capaian yang diperoleh setelah mendapatkan pelatihan program SCORE ILO.
Kegiatan ini dilaksanakan pertama: 1) melakukan baseline assessment ke tempat usaha mitra untuk menggali lebih dalam permasalahan yang dihadapi mitra; 2) Memberikan workshop Modul 1-5 setiap bulan, 1 modul perbulan; 3) Pendampingan dalam pelaksanaan perubahan di tempat Usaha Mitra dan membuat laporan kemajuan di setiap akhir workshop; 4) Presentasi oleh mitra tentang implementasi program yang sudah di jalankan. Melalui kegiatan ini diharapkan Usaha Mikro dapat meningkatkan daya saingnya dengan tetap menjadi usaha yang bertanggung-jawab terhadap lingkungan social dan alam.

Pernyataan Tanggungjawab Katlea Fitriani, Fernando Mulia, Christian Wibisono, Irsanti Hasyim, Annisaa N.
Pengarang Fitriani, Katlea - Pengarang Utama
Wibisono, Christian - Pengarang Tambahan
Hasyim, Irsanti - Pengarang Tambahan
Mulia, Fernando - Pengarang Tambahan
Annisaa N. - Pengarang Tambahan
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek productivity
ILO
SME
UMKM
SCOREPLUS
Klasifikasi
Judul Seri Community Service Reports - Humanities and Social Science; 2018
GMD Computer File
Bahasa Indonesia
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik p. 1 - 26
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian