Book's Detail
Analisis produktivitas sumber daya dalam menurunkan biaya produksi untuk meningkatkan laba perusahaan

Produktivitas perusahaan dapat diwujudkan melalui peningkatan produktivitas tenaga kerja dan mesin Produktivitas tenaga kerja dapat ditingkatkan melalui peningkatan delapan komponen produktivitas yaitu kemampuan bekerja, meningkatkan hasil, semangat kerja, pengembangan diri, mutu kerja, efisiensi kerja, penghargaan (reward), serta komunikasi yang efektif, . Hasil yang diperoleh berdasarkan kuesioner dari karyawan PT. BNP, yang dituangkan dalam Grafik Radar menunjukkan bahwa produktivitas tenaga kerja dengan nilai kekuatan rata-rata 80%, mereka memiliki kemampuan dalam bekerja, namun ada kejenuhan dengan pekerjaan yang bersifat monoton, sedangkan untuk enam komponen produktivitas berikutnya secara umum menunjukkan adanya komitmen, walaupun sering kali merasa jenuh, beberapa karyawan merasa bekerja dengan waktu lebih banyak, dan perlu adanya rencana jenjang karier yang diikuti dengan sistem penggajian dan reward yang jelas.
Produktivitas mesin yang diukur dengan Overall Equipment Effectiveness yaitu nilai efektivitas keseluruhan mesin memiliki 3 aspek yaitu Ketersediaan Kinerja dan Kualitas Hasil OEE menunjukkan nilai rata-rata dalam periode penelitian adalah 70.90% yang menurut JIPM berarti nilai skor diantara 60 % - 85% masih dalam kewajaran namun perlu peningkatan. Nilai OEE diperoleh dari nilai ketersediaan 81.64%, nilai kinerja 90.28% dan nilai kualitas 96.22%.Dari ketiga aspek ini peningkatan di prioritaskan pada aspek ketersediaan yang menggambarkan faktor perencanaan dan penjadwalan perbaikan, setup mesin, dan ketersediaan bahan baku memberi dampak pada waktu beroperasi mesin.
Dengan peningkatan produktivitas tenaga kerja dan mesin, maka biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan akan menurun. Dengan peningkatan produktivitas, produk yang dihasilkan akan dapat ditingkatkan, dengan demikian laba perusahaanpun akan meningkat.

Pernyataan Tanggungjawab Elsje Kosasih, Andy Jusuf, Tanto Kurnia, Felisia
Pengarang Kosasih, Elsje - Pengarang Utama
Felisia - Pengarang Tambahan
Kurnia, Tanto - Pengarang Tambahan
Jusuf, Andy - Pengarang Tambahan
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek TENAGA KERJA
PRODUKTIVITAS
MESIN
BIAYA PRODUKSI DAN LABA
Klasifikasi
Judul Seri Research Report - Humanities and Social Science (2018)
GMD Computer File
Bahasa Indonesia
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik p. 1 - 32
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian