Book's Detail
Penentuan faktor dan level faktor proses keramik Tableware untuk mengurangi cacat Pinhole menggunakan response surface methodology

Penggunaan material lempung Sukabumi dapat dijadikan alternatif sebagai bahan baku pembuatan keramik. Menurut pihak Balai Besar Keramik kualitas keramik berglasir di Indonesia masih mempunyai tingkat kecacatan sifat tampak yang tinggi. Salah satunya adalah cacat pinhole yang ada pada permukaan keramik tableware. Cacat pinhole ini termasuk ke dalam cacat yang memberikan kerugian ekonomis paling tinggi, karena keramik yang memiliki cacat pinhole tidak dapat dijual.
SNI kualitas sifat tampak keramik tableware tertuang dalam SNI 7275:2008 tentang Keramik Berglasir-Tableware-Alat Makan dan Minum dan SNI ISO 10545-2:2010 tentang ubin keramik-bagian 2: penentuan dimensi dan mutu permukaan. Pada SNI tersebut standar sifat tampak permukaan keramik tableware adalah tidak boleh ada cacat pinhole yang berdiameter > 0,1 mm dan 95% dari luas permukaan keramik tidak boleh terdapat cacat pinhole. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Response Surface Methodology (RSM). Dengan menggunakan metode RSM ini, dapat diketahui kombinasi level faktor proses pembuatan keramik tableware yang memenuhi standar kualitas permukaan yang ada di SNI.
Dari hasil penelitian ini, faktor yang memberi pengaruh secara signifikan terhadap kualitas permukaan keramik tableware adalah lama waktu pembakaran keramik berglasir, suhu pembakaran keramik berglasir, dan cara pengglasiran. Level faktor yang diusulkan adalah waktu pembakaran glasir selama 0,39 jam, suhu pembakaran glasir sebesar 1286,210C, dan cara pengglasiran dengan dikuas. Dari hasil implementasi terhadap usulan level faktor, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata respons hasil percobaan konfirmasi adalah 95% dari luas permukaan keramik tidak memiliki cacat yang tampak ke permukaan. Hal ini menunjukkan bahwa level faktor yang diusulkan, mampu memenuhi kualitas SNI permukaan keramik tableware.

Pernyataan Tanggungjawab Vincentius Chrisaldy Susanto, Hari Adianto, Cherish Rikardo
Pengarang Susanto, Vincentius Chrisaldy - Pengarang Utama
Adianto, Hari - Pengarang Tambahan
Rikardo, Cherish - Pengarang Tambahan
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek ANOVA
orthogonal array
keramik
second order model
PINHOLE
RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM)
FIRST ORDER MODEL
CONTOUR AND SURFACE PLOT
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Computer File
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Yogyakarta
Deskripsi Fisik p. 1 - 11
Info Detil Spesifik Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Teknik Industri "Frontiers in Industrial Engineering". Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta, Indonesia, 17 Oktober 2018.
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
 

Visitor Counter
Visit Today
Pencarian